gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Indonesia ku Februari 9, 2012

Filed under: Loker Info Catatan Kecil — gogo @ 5:20 pm

Kondisi sekarang secara psikologis masyarakat Indonesia masih banyak yang mudah dipengaruhi karena tingkat intelektualitas yang relatif rendah dan sikap mental penakut sebagai akibat dari intimidasi berkepanjangan sejak zaman penjajahan. Sangat jarang kita bisa menemukan sosok manusia Indonesia yang mempunyai prinsip dan berani serta yakin akan prinsip-prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam hal ini bukannya saya mengatakan saya  adalah seorang yang memiliki kapasitas tersebut melainkan sekedar melihat sebuah gambaran saja dimana kondisi tersebut diperparah oleh mayoritas sikap kelompok elit pimpinan yang cenderung tidak memiliki jiwa pengorbanan untuk rakyat. Banyak ide-ide yang bermunculan yang merupakan sebuah bentuk fantasi harapan dari jeritan rakyat yang mendambakan kepemimpinan yang sungguh-sungguh mengayomi rakyat. Fakta bahwa tidak sedikit pemimpin Indonesia yang bermental pemeras, oportunis, kejam, mementingkan diri sendiri dan tidak memiliki visi dan misi untuk kesejahteraan rakyat, telah membuat hubungan antara elit dan rakyat yang penuh kecurigaan. Apabila ada gerakan rakyat yang murni sekalipun sering diartikan sebagai sebuah perlawanan terhadap negara. Sebaliknya, rakyat senantiasa berharap akan adanya peranan negara yang sungguh-sungguh memperhatikan kondisi nyata berupa kemiskinan, bencana, yang langsung berdampak ke kehidupan sehari-hari. Padahal peranan negara pasca jatuhnya pemerintahan Suharto telah digerogoti secara sistematis oleh pemilik modal dan politisi dan birokrat korup. Sementara dinamika gerakan civil society ala Barat masih harus menempa diri menjadi satu kekuatan nyata yang bisa mendorong perubahan nyata pula.

Perlu dicatat bahwa proses kooptasi berbagai gerakan politik di Indonesia juga berjalan seiring dengan kepentingan para pemilik modal dan orang-orang yang punya “kuasa”. Proses tersebut telah melemahkan gairah dinamika gerakan civil society. Akibatnya terjadi lagi aliansi-aliansi gerakan yang cenderung menjadikan gerakan civil society dibawah kepentingan tertentu, misalnya untuk kepentingan tokoh tertentu, untuk kepentingan partai tertentu, untuk kepentingan pemberi donor, untuk kepentingan asing, bahkan tidak sedikit yang bergerak untuk kepentingan pihak tertentu.

Sehingga dengan melihat kondisi tersebut, diperlukan sebuah pemikiran yang kuat dan matang yang bisa diadaptasikan ke dalam situasi kongkrit rakyat Indonesia. Apabila kita berpijak pada pandangan Marxisme dalam varian apapun perlu dilakukan proyek besar penelitian tentang sikap rakyat Indonesia terhadap pemikiran Karl Marx, minimal berupa survei yang bisa mewakili penyebaran penduduk Indonesia. Saya rasa, bila tiba-tiba dilakukan survei semacam itu saat ini jawabnya akan negatif, yaitu banyak rakyat Indonesia yang tidak paham tentang itu. Sesungguhnyalah hal yang sama juga menimpa pemikiran liberal dan neo-liberal. Semua saat ini sangat tergantung pada media massa dan gerakan-gerakan politik oportunis yang bersliweran. Oleh karena itu perlu dilakukan proses conditioning berupa pendidikan politik, propaganda, serta penjelasan-penjelasan sederhana yang bisa dimengerti. Satu hal vital yang perlu dicapai selama proses tersebut adalah penciptaan sebuah varian khas rakyat Indonesia dalam pola pikir filsafat kiri namun ternyata seiring waktu berjalan, saya lihat masih terlalu dangkal dan kurang progresif. Ketika generasi muda aktif  dalam kelompok diskusi rumah kiri, serikat buruh, dll saya melihat tercerai berainya pemikiran kiri yang cenderung mengarah pada pola elitisme dan ego yang mengakibatkan kurangnya perhatian pada penguatan pondasi pemikiran khas kiri Indonesia yang bisa diterima luas yang juga diiringi oleh proses propaganda dan agitasi yang cerdas.

Dan catatan ini hanya sekedar ilustrasi kecil dari kondisi ril yang terjadi saat ini…...https://gogoleak.wordpress.com

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s