gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Dewan Seluma Siap Dipenjara September 26, 2011

Filed under: Loker Keliping Koran — gogo @ 6:02 pm

SELUMA KOTA – Anggota DPRD Seluma yang mendapatkan perlindungan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jonaidi, mengaku siap dipenjara. Jika memang dirinya terbukti bersalah dalam kasus dugaan suap Multiyears Seluma.

Anggota DPRD dari Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) ini menegaskan, tidak ada hak Muspani, SH selaku kuasa hukum 17 dewan ‘’melawan’’ KPK untuk mengintervensi. Sebaliknya menyerahkan sepenuhnya penyidikan kepada KPK.

‘’Tidak usahlah lagi banyak bicara. Kasus ini kan sudah ada yang menangani. Jangan banyak omdo (omong doang). Biarkan proses hukum yang menentukan siapa yang bersalah dan siapa tidak bersalah,’’ ungkap Jonaidi.

Terkait desakan Muspani terhadap KPK agar menetapkan dirinya bersama sembilan dewan lainnya ditetapkan sebagai tersangka, Jonaidi meminta agar Muspani belajar lagi hukum. Kenapa dirinya dan sembilan rekannya menjadi saksi dan tidak tersangka seperti desakan Muspani.

‘’Kalau Muspani ingin tahu kenapa kami menjadi saksi dan tidak tersangka, belajar lagi hukum baru bicara. Misalnya baca Surat Edaran (SE) Mahkamah Agung (MA) dan Undang-Undang tentang gratifikasi (suap),’’ tandas dia.

Dia menambahkan sudah risih dengan teror yang masuk ke Hp-nya. Ia mengaku bukannya takut dengan teror tersebut, hanya saja telah menganggu kenyamanan keluarganya, anak dan istrinya.

‘’Jadi tolonglah jangan ngancam-ngancam lagi lewat Hp. Karena, kadang-kadang terbaca dengan istri saya. Kalau memang ada urusan dengan saya, temui langsung, saya siap,’’ tegas jago karateka ini.

Jonaidi mengatakan dirinya sangat tidak bisa menerima teror melalui SMS di Hp. Karena, dirinya siap melayani apapun keinginan dari orang yang menerornya.

‘’Kalau main teror lewat Hp itu, bukan laki-laki sejati. Setelah kirim SMS teror, dihubungi nomornya sudah tidak aktif lagi,’’ tukasnya.

Terpisah Muspani mengatakan tidak ada alasan sepuluh dewan, Mufran Imron Cs tidak ditetapkan sebagai tersangka. Hanya saja, ia enggan berkomentar lebih banyak.
‘’Itu urusan mereka (Mufran Imron Cs) dengan KPK,’’ pungkas Muspani.

Dewan Seluma Jarang Ngantor

Sementara itu, Sejak kasus dugaan suap multiyears Seluma bergulir ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kondisi di dewan jadi beda. Setiap agenda dewan, baik itu rapat paripurna, rapat biasa, reses maupun agenda lainnya, pasti ada yang tidak hadir. Khususnya kelompok Mufran Imron, SE, yang juga pelapor kasus dugaan suap multiyears ke KPK.

Wakil Ketua (Waka) I DPRD Seluma Jonaidi Syahri, S.Sos meminta agar Mufran cs seperti anggota dewan lainnya. Tetap menjalankan tugas sebagai anggota dewan sekaligus wakil rakyat.

‘’Rapat paripurna maupun agenda dewan lainnya, itu merupakan bagian dari tugas sebagai wakil rakyat. Jadi, tolonglah teman-teman anggota dewan untuk tetap menjalankan tugas seperti biasanya,’’ ungkapnya.

Sebab, sejak kasus dugaan suap multiyears mencuat pertengahan bulan Mei 2011, Mufran Imron tidak pernah terlihat mengikuti agenda di DPRD. Mulai dari rapat biasa hingga rapat paripurna. Sedangkan sembilan dewan yang masuk kelompoknya, sebagian hadir dan sebagian lagi tidak. Mereka yang hadir pun, tidak rutin.

‘’Pada rapat paripurna kali ini (hari ini), saya mengharapkan semua anggota dewan bisa hadir. Sebab, di pundak setiap anggota dewan itu memikul tugas sebagai wakil rakyat,’’ tandas John Bule, sapaannya.

Ditegaskan dia, bukan hanya Mufran Imron yang diharapkan kehadirannya. Tapi, semua anggota dewan Seluma. Mereka yang masih merasa sebagai anggota DPRD Seluma.

Rapat paripurna besok agendanya adalah kata akhir fraksi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) dan Perhitungan APBD 2010. Setelah sebelumnya dewan mendengarkan jawaban eksekutif atas tanggapan umum atas tujuh fraksi di DPRD. (Harian Rakyat Bengkulu)

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s