gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Korban Mentawai Terus Berdatangan ke MM November 9, 2010

Filed under: Loker Keliping Koran — gogo @ 11:33 am

Rakyat Bengkulu

Sabtu, 06 Nopember 2010 12:38:14

Helikopter pembawa korban ini mendarat di Bandara Mukomuko pukul 09.45 WIB kemarin. Namun tidak ada perlakuan medis yang diberikan. Karena tidak ada dokter medis maka diputuskan jika kedua korban mesti dirawat di Kota padang. Sayangnya helikopter TNI AD yang mengangkut korbam mesti mengangkut bantuan logistik kembali ke Mentawai. Akhirnya kedua korban ini pun diturunkan ke dua unit ambulance milik RSUD Mukomuko. Korban pun dipasangkan infus untuk suplai gizi. Beberapa jam kemudian korban diberangkatkan menggunakan helikopter jenis Puma ke Padang.

Ketua Posko PMI Mukomuko Padli, SKM ketika dikonfirmasi mengatakan protap evakuasi adalah korban dari Mentawai diterbangkan ke Mukomuko. Kemudian diseleksi dimana korban yang bisa ditangani di Mukomuko dan yang harus dibawa ke Padang. Saat ini protap tersebut masih berlaku. Dikatakan juga bahwa PMI tidak tahu jika dokter bantuan RSUD di Mukomuko sudah tidak ada lagi. Kita hanya melayani evakuasi dan pelayanan saat evakuasi dan sesudah evakuasi. Untuk dokter itu tanggung jawab dinas kesehatan, terangnya.

Untuk kemarin dikatakan Padli hanya dua korban yang diterbangkan ke Mukomuko. Sebab kebanyakan korban memilih untuk langsung ke Padang dengan berbagai pertimbangan dan alasan. Namun walaupun begitu PMI di Mukomuko terus wasapada. Kontak terakhir hanya dua korban itu saja, terang Padli.

Sementara itu dikonfirmasi Direktur RSUD Mukomuko Rosmadi Djidin, SKM mengatakan untuk saat ini memang belum bisa menerima pasien dengan luka berat. Sebab saat ini para dokter spesialis yang diperbantukan sudah berangkat ke Sumbar. Namun jika dalam waktu dekat para dokter spesialis pulang lagi ke Mukomuko tentu RSUD MM bisa untuk menampung korban. Ya kalau hanya perwatan ringan kita bisa. Namun kita masih tetap menunggu jika dokter yang diperbantukan di RSUD MM untuk merawat korban evakuasi datang. Kalau tidak kita belum bisa menerima pasien ini, terang Rosmadi.

Josef Kembali ke Mentawai

Sementara itu, kemarin korban gempa dan tsunami Mentawai Josef akhirnya sudah bisa pulang ke kampung halamannya di Mentawai. Sebab kondisinya sudah membaik. Kemarin pagi Josef meminta PMI untuk memulangkannya. Dan pagi itu juga Josep diterbangkan ke Mentawai. Dengan kondisi sehat setelah di rawat di RSUD Mukomuko.(del)

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s