gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Agusrin Ngotot Jembatan Muara II Dilanjutkan Agustus 17, 2010

Filed under: Loker Keliping Koran — gogo @ 7:31 am

Agusrin Ngotot Jembatan Muara II Dilanjutkan

RB. Minggu15 Agustus 2010

Namun setelah dipastikan terpilih kembali menjadi Gubernur Bengkulu periode kedua, 2010 – 2015, Agusrin bertekad melanjutkan proyek besar tersebut. Dia yakin bila jembatan Muara II selesai dibangun, maka kawasan Pantai Bengkulu akan semakin elok dan terang benderang di malam hari. Penegasan ini disampaikan Gubernur usai mengikuti rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi dengan agenda mendengarkan pendapat dewan atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur, Sabtu (14/8) kemarin.

“Pembangunan yang sudah dimulai tentu akan tetap diteruskan, untuk kereta api dan jembatan muara II ini pasti dilanjutkan. Kemudian untuk pembangunan pabrik semen inikan terkendala pembebeasan lahan. Tapi memang ada beberapa hal yang harus dikaji dan diperhitungkan lagi, makanya masukan dewan akan kami jadikan catatan untuk kedepannya,” imbuh Agusrin.

Proyek jembatan Muara II senilai Rp 10 miliar sempat dikerjakan sampai pemasangan tiang pancang jembatan. Namun proyek ini terhenti karena hasil audit BPK RI, pengerjaan proyek ini diduga merugikan Negara miliaran rupiah.

Selain jembatan Muara II, Agusrin juga bertekad melanjutkan program-program mercusuar lainnya yakni pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Kota Padang (Rejang Lebong) menuju Pelabuhan Pulau Baai. Agusrin juga ingin melanjutkan program pembangunan pabrik semen.

Pembangunan dua megaproyek itu akan mulai dilanjutkan tahun 2011 mendatang, menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan menarik investor.

Dikritisi Anggota Dewan

Sementara itu, dalam paripurna pendapat dewan yang dibacakan oleh anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Drs. Inzani Muhammad, mengkritisi beberapa hal. Diantaranya proyek multiyears yang dinilai tanpa perencanaan matang. Hasilnya pembangunan rel KA, pabrik semen dan jembatan muara II tak kunjung tuntas.

“Untuk ke depannya pembangunan yang akan dilakukan di Bengkulu, diharapkan melalui kajian dan studi kelayakan terencana. Sehingga apa yang dibangun bisa tuntas tanpa masalah dan segera bisa dimanfaatkan. Seperti pabrik semen, stasiun kereta api dan jembatan muara II, saat ini tidak tuntas sedangkan anggaran sudah terserap hingga miliar rupiah,” ungkap Inzani.

Untuk diketahui, mekanisme rapat paripurna dewan saat ini berbeda dengan mekanisme sebelumnya. Bila dulu ada pendapat anggota dewan dan pendapat fraksi, sekarang tidak ada lagi. Yang ada, hanya pendapat dewan saja dan dibacakan oleh satu orang anggota dewan yang mewakili.

Selain menyoroti pembangunan proyek-proyek mercusuar, anggota dewan juga menyoroti masalah mutasi dan penerimaan CPNS. Mutasi menurut dewan kerap dilakukan tanpa mempertimbangkan kemampuan seseorang, bahkan cenderung karena permainan uang di dalamnya. Sedangkan penerimaan CPNS yang enggan menggunakan Unib, justru memperkuat unsur dugaan KKN yang terjadi di dalamnya.

Terkait kritik anggota dewan ini Gubernur Agusrin tidak membantah atau membenarkan. Dia malah berterimakasih atas masukan dewan. Karena menurutnya memang ada hal-hal yang dilakukan oleh Pemda masih belum baik dan perlu ada perbaikan. Ia juga tidak mau mengklaim sukses atas apa yang ia sudah lakukan untuk mutasi dan CPNS.

“Semuanya akan kita perbaiki dan evaluasi hingga ke depannya menjadi lebih baik, termasuk dalam CPNS hingga mutasi. Terima kasih saya ucapkan atas masukan dari dewan ini, inikan untuk kebaikan bersama,” pungkas Agusrin.

Syamlan-Agusrin Cipika-Cipiki

Menariknya usai paripurna yang dihadiri lengkap oleh Gubernur Agusrin dan Wagub Syamlan ini, dewan dan Agusrin cukup mesra dengan berpelukan dan cipika-cipiki (cium pipi kanan dan kiri) sambil mengucapkan selamat atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan incumbent tersebut. Pemandangan ini cukup menjadi perhatian hadirin yang ikut sidang paripurna, karena sebelumnya hubungan eksekutif dan legislatif sempat memanas terkait persoalan Pilkada.

“Kami hanya bersilaturahmi dan mengucapkan selamat kepada gubernur, karena telah menang dalam Pemilukada dengan putusan MK yang menolak gugatan pemohon. Ini hal yang biasa saja sebagai pemerintah yang saling bekerjasama,” ungkap Ketua Fraksi Demokrat Firdaus Djailani.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s