gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Refleksi HUT RI 17 Agustus Agustus 16, 2010

Filed under: Loker Tulisan Terbaru — gogo @ 8:09 am

Besok kita bangsa indonesia merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.Sudah sepantasnyalah bahwa kita semua memperingati hari yang bersejarah ini, dengan bermacam-macam cara kita masing-masing, dan juga merenungkan berbagai hal yang berkaitan dengannya. Dalam tulisan yang kali ini, disajikan kepada para pembaca berbagai bahan sebagai sumbangan untuk sama-sama merenungkan apa arti proklamasi 17 Agustus bagi bangsa Indonesia, dan apa perspektifnya untuk kemudian hari. Sudah jelas bahwa kita bisa memandang 17 Agustus dari banyak segi, dan dari sudut pandang yang bermacam-macam. Yang berikut di bawah ini adalah sebagian dari begitu banyaknya dan bermacam-macamnya berbagai pandangan itu.

Seperti yang bisa sama-sama kita saksikan dewasa ini dimana-mana, sebagian terbesar rakyat kita (sekitar 80%) masih belum merasakan hasil kemerdekaan, karena dirundung oleh kemiskinan yang parah dan pengangguran yang meluas sekali. Sebagian terbesar rakya kita terpaksa menderita karena kecilnya pendapatan untuk hidup sehari-hari (kurang dari 2 US$ sehari), dan sulit untuk mendapat pengobatan kalau sakit. Tetapi, sebaliknya, kita juga bisa sama-sama menyaksikan bahwa segolongan kecil dari lapisan atas atau kalangan elite masyarakat, justru bisa hidup bermewah-mewah secara keterlaluan,dan menumpuk harta haram secara besar-besaran dengan korupsi atau perbuatan-perbuatan lainnya yang tidak halal.

Hal lain yang juga sangat menyedihkan adalah banyaknya kasus korupsi yang mencerminkan kebejatan moral dan kebobrokan iman dari kalangan atas dibidang eksekutif, legislatif, judikatif, dan juga di kalangan parpol-parpol dan agama. Kebejatan moral dan kebobrokan iman yang sudahsangat menjijikkan ini kelihatan sangat jelas sekali.

Dengan mengingat itu semua, nyatalah bahwa kekuasaan politik baru, yang dipegang oleh generasi muda bangsa kita adalah satu-satunya harapan bagi terjadinya perubahan fundamental dan besar-besaran yang bisa menyejahterakan kehidupan rakyat dan mempersatukan bangsa di bawah naungan Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, seperti yang dicita-citakan Bung Karno dan para “founding fathers” lainnya. Generasi muda yang berjiwa revolusioner dan berorientasi pro-rakyat dan anti-neoliberalisme akan merupakan pendobrak sistem politik yang busuk yang sudah mengangkangi negara dan merusak bangsa selama ini.

Di tangan angkatan muda yang revolusioner — artinya yang mendambakan perubahan besar-besaran dan fundamental — demi kepentingan orang banyaklah terletak hari kemudian yang lebih baik bagi bangsa Indonesia!

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

https://gogoleak.wordpress.com

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s