gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Kuliner Agustus 15, 2010

Filed under: Loker Kabupaten Rejang lebong — gogo @ 5:31 am

Sambea Ujak

SAMBEA UJAK Sambea ujak ( sambal ujak ) adalah masakan khas rejang ada istilah yang cukup dikenal yaitu sambea ujak lem boloak ( sambal ujak dalam bambu ) dulunya masakan ini dimasak dalam bambu dan ada juga yang masaknya dengan belanga dan memang rasanya lebih enak jika di masak secara tradisional. Bahan – bahan : cabe 100 grm kemiri 3 biji cung 150 gr daun bawang 2 batang kunyit sebar ibu jari serai satu ibu jari ikan salai ( ikan asap )250 gr garam secukupnya cara membuatnya : Rebus cung dengan air kurang lebih 4 gelas,setelah airnya mendidih angkat dan cungnya di tekan tekan hingga hancur masukan cabe,kemiri serai,garam dan kunyit yang telah dihaluskan kedalam rebusan cung tadi dan masukan juga daun bawang dan ikan salainya, lalu dimasak lagi hinga mendidih.setelah itu angkat.siap untuk di sajikan. catatan : untuk ikan sesuai dengan selera( Ikan mas, Ikan Putih atau kalo bisa ikan putih yang telah di asapkan ) bisa juga di tambahkan dengan kabau bagi yang suka kabau kata ujak yaitu menggepengkan cung tadi mungkin karena masaknya ada acara gepeng-gepengan makanya dinamakan sambal ujak :hehe Cung adalah sejenis tomat kecil atau juga di sebut dengan tomat dusun yang rasanya sangat asam yang memiliki daging sangat tipis.

Samba Macang

Samba Macang ( sambal macang ) merupakan salah satu masakan yang sering dibuat masyarakat curup, bila musim buah macang berbuah, namun tidak diketahui dengan pasti apakah masakan ini khas daerah curup apa bukan, soalnya hampir disetiap daerah mempunyai dan mengenal nama masakan ini hanya namanya saja yang berbeda. masakan ini biasanya dimakan bersama nasi yang dijadikan sebagai lauk.

Bahan: Buah Macang Cabe Gula Merah Cara Membuat: kupas buah macang lalu dicuci bersih dan di iris-iris sesuai selara, setelah itu campukan dengan cabe yg sudah digiling halus dan gula merah ,lalu aduk-aduk hingga merata.

Lema

LEMA / LEMEA Lema/lemea dalam bahasa rejang adalah sejenis makanan yang terbuat dari rebung ( bambu muda ). berbeda dengan Rebung-rebung kebanyakan dan ini adalah masakan khas orang rejang.yang memiliki rasa yang khas, namun ada sebagian orang yang tidak menyukai masakan yang terbuat dari lema karena baunya yang sangat menusuk,namun bagi yang pernah merasakan masakan yang terbuat dari lema,merasa akan ketagihan. lema ini tidak bisa langsung di makan, tapi harus di olah / masak lagi dengan bumbu-bumbu yang sederhana. proses pembuatan lema cukup memakan waktu kurang lebih 6 hari, Cara pembuatan lema yaitu

  • Bambu muda di dibersihkan dari kotorannya dan di cuci lalu di potong-potong/diiris kecil kecil dan di cincang( beda dengan sayur rebung,irisan potangannya lebih kecil dari irisan potongan sayur rebung )
  • Setelah itu dimasukan kedalam sebuah tempat ( ember ) tambahkan air dan diendapkan/direndam selama 2 malam.
  • Setelah 2 malam perendaman, air rendaman di buang dan diganti dengan air yang baru dan di tambahkan dengan rempah – rempah.
  • Rempah-rempah biasanya terdiri dari :

– Air Rebusan ikan ( ikan yang biasa dibunakan adalah ikan sungai seperti ikan Putih ) menggunakan ikan yang lain juga bisa namun biasanya kualitas lema nya akan kurang bagus. – Serai satu batang – Cabe merah 5 buah di patah-patahkan – Nasi satu genggam kecil

  • Semua rempah rempah tadi dimasukan dalam rendaman lema tadi bersama dengan air rebusan ikan dan ikannya.
  • Lalu didiamkan lagi selama 3 malam
  • setelah 3 malam lema siap untuk diolah menjadi masakan lema.

Catatan :

  • untuk bahan dasar sebaiknya menggunakan rebung dari jenis bambu kecil, namun rebung dari bambu jenis besar juga bisa di buat lema namun kualitasnya tentu akan beda
  • dahulu orang-orang buat lema menggunakan tempat khusus untuk perendamannya yaitu menggunakan alat yang namanya Tajuo ( sejenis gentong yang terbuat dari tanah liat ),namun tajuo jarang digunakan sekarang karena kesulitan untuk memperolehnya,digantikan dengan ember atau toples.

Jadea’ Tat ( Kue Tat )

Kue tat ( Jadea’ Tat dalam Bahasa Rejang ) bisa dibilang adalah kue wajib dalam masyarakat rejang, dalam acara apa pun kue ini selalu ada,baik di acara pernikahan, sedekahan. kue tat atau kue sawah sebagian orang menyebutnya seperti itu karena sebelum dipotong-potong dalam ukuran kecil kue ini mirip dengan petak – petak sawah yang dipermukaannya di terdapat selai nanas, namun ada juga yang menggantikan selai nanas tersebut dengan kelapa. biasanya kue ini berbentuk persegi empat, namun ada juga yang di cetak diatas piring sehingga berbentuk lingkaran.

kue ini terbuat dari tepung gendum,santan, gula, telur dan mentega.

Iklan
 

One Response to “Kuliner”

  1. ikma Says:

    amen temiuk lemea asai ne lok belek dao.indau ngen sadei lebong.salam ngen tun lebong.mantap…..ikma”’


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s