gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Jika Mengganggu, Teluk Sepang Kita Tutup Juli 13, 2010

Filed under: Loker Keliping Koran — gogo @ 4:29 am

Bengkulen Pos, Jumat, 11 Agustus 2006
Walikota Soal Galian C
Penambangan pasir di Tajung Ketaping, Teluk Sepang, belakangan ini menuai protes dari warga setempat. Karena, selain mengganggu kenyamanan warga, juga mengancam kelastaraian pantai dikawasan itu. Menanggapi protes warga tersebut, Walikota Bengkulu, Chalik Effendi, bersedia menutupnya.
“Kalau memang merusak lingkungan serta mengganggu kenyamanan warga, penambangan pasir oleh koperasi karyawan PT. Pelindo II, Suaka Bahari dan mitra kerjanya CV Dua Putrid dan PD Bahari Jaya itu, akan segera kita tutup,” kata Chalik Effendi, disela-sela membuka acara festival sahraval anam dan tari adat di taman budaya, kamis {10/8} kemarin.
Hanya saja, Chalik Effendi, tidak berani memastikan kapan kepastian penutupan tambang pasir tersebut. Dia hanya mengharapkan warga setempat untuk bersabar. Pokoknya dalam waktu dekat ini akan kita tutup, tetapi yang menjadi masalah ini siap orang yang dibalik itu.”ujarnya.
Ketika disinggung soal ancaman warga, yang mengultimatum sampai tanggal 10 Agustus, jika tidak ditutup warga akan mengerahkan massa?. Walikota hanya kembali meminta warga untuk bersabar, dengan alasan bahwa persoalan ini masih dikaji dan apakah benar benar ditutup atau dipindahkan ke lokasi lain.
Sebagaimana pernah ditulis Koran ini, edisi 04 agustus lalu, sedikitnya 10 orang warga Teluk Sepang dengan didampingi oleh pengurus Walhi Bengkulu, kamis {3/8} mendatangi DPRD kota Bengkulu. Mereka menuntut SK Walikota No. 371 tahun 2005 tentang izin pengambilan dan penjualan pasir hasil sedimentasi di Tanjung Ketaping, segera dicabut.
Tuntutan warga ini, karena akibat dari penambangan pasir tersebut, terjadi ilustrasi air laut kelahan pertanian, pencemaran air sumur, abrasi pantai serta hilanggnya biota laut yang menjadi mata pencaharian masyarakat setempat.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s