gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Tantangan Bagi Kita Semua Juli 7, 2010

Filed under: Loker Kumpulan Tulisan — gogo @ 5:12 am

Ditengah tingkat kesejahteraan rakyat yang sudah berada pada taraf terendah, kesanggupan kaum pergerakan dalam memberikan solusi masih berbentuk penyelesaian jangka pendek, berupa advokasi-advokasi, belum mampu memberikan solusi yang berdampak politik secara luas. Disisi lain, kemunculan sejumlah figure-figur baru dalam kancah politik nasional, terutama yang memberi arah pada kepemimpinan nasional baru, belum memiliki dukungan luas dari massa rakyat dan juga organisasi-organisasi pergerakan.

Demikian pula dengan kemunculan caleg-caleg aktifis di sejumlah partai, masih merupakan agenda-agenda politik yang berjalan sendiri-sendiri, dan belum menjadi agenda politik bersama yang bersinergi dengan gerakan. Keruwetan dalam menggalang politik alternatif, setidaknya memberikan tempat yang aman bagi politisi untuk mencengkeram wilayah politiknya. Bagi kaum pergerakan, setidaknya ada dua hal yang perlu dijawab untuk situasi sekarang ini; pertama, sudah lama suara-suara politik dan aspirasi kalangan bawah seperti pekerja, petani, kaum miskin kota, dan sektor sosial yang termarginalkan lainnya tidak terdengar dalam kancah politik formal, terutama di Parlemen dan jabatan-jabatan politis.

Suara sektor sosial tertindas begitu nyaring terdengar di jalanan, tapi tidak terserap dan menjadi agenda perdebatan di pusat-pusat pengambilan kekuasaan (parlemen dan eksekutif). Kedua, kita perlu mempolitisasi seluruh sektor-sektor rakyat, terutama dalam agenda menempatkan rakyat dalam kekuasaan politik, dengan memberikan mereka pengalaman politik lansung dan pemahaman real pada keterbatasan-keterbatasan instituasi demokrasi keterwakilan saat ini.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s