gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Perlunya Partisipasi Opini Dari Masyarakat Juli 7, 2010

Filed under: Loker Info Politik dan Organisasi — gogo @ 5:11 am

Pola berfikir yang mengejar secara membabi-buta kekayaan dengan segala cara (termasuk cara-cara yang hina) sudah menjadi kebiasaan di kalangan “atas” eksekutif, legislatif, judikatif (dan swasta) sehingga banyak di antara mereka menjadikan jabatan bukan tempat untuk mengabdi kepada kepentingan umum, melainkan sebagai tempat untuk mencari lobang-lobang (atau kesempatan) untuk melakukan korupsi.

Selama ini sudah sering dibicarakan tentang adanya penyelewengan besar-besaran dalam penyaluran bantuan korban bencana alam. Dana untuk para penampungan pengungsi pun dikorup. Sebagian anggaran untuk melawan kelaparan dan kemiskinan telah berobah menjadi ruah-rumah megah atau mobil-mobil mewah para “tokoh” di berbagai kota dan daerah. Beaya untuk berbagai projek pembangunan menjadi membengkak. Pembelian barang-barang untuk keperluan pemeritahan mengalami “mark up” (harga yang ditinggikan dengan selingkuh). Dana untuk pendidikan, kesehatan dan memajukan desa terbelakang juga banyak yang menguap tidak karuan.

Sekarang perlunya opini yang kritis dari masyarakat, yang bisa disalurkan lewat berbagai saluran, dan dilakukan dalam berbagai bentuk dan cara, adalah sumbangan penting kepada usaha pemberantasan korupsi. Partisipasi yang aktif dari segala golongan dalam masyarakat dalam hal pemberantasan korupsi adalah bagian dari perjuangan reformasi, dan juga merupakan pendidikan politik dan moral. Ketika harapan sudah tidak bisa terlalu digantungkan semata-mata kepada kemauan politik (political will) dari kalangan “atas” eksekutif, legislatif dan judikatif, maka tekanan besar-besaran dan kuat dari opini publik demi terselenggaranya pemerintahan yang baik (good governance) adalah MUTLAK diperlukan.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s