gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Kepalsuan Beragama Juli 7, 2010

Filed under: Loker Kajian Agama — gogo @ 6:05 am

Paradoks, itulah judul yang diberikan terhadap kecenderungan kekinian dalam kehidupan keberagamaan. Dalam dunia filsafat, manusia selalu dilihat sebagai makhluk paradoksal, di mana nilai-nilai hidup terletak dalam kesatuan kedua hal yang berlawanan.Ada fenomena kehidupan keberagamaan yang amat menarik yang dapat dikedepankan di sini, yaitu kehidupan keberagamaan kaum yang terperangkap dalam ritualisme keberagamaan belaka. Yang muncul adalah keberagamaan yang ritualistik, kurang memiliki roh dan semangat transformatif. Yang dalam kehidupan sehari-hari dijumpai orang beragama mengaku merasa sudah cukup saleh lantaran semua ritual keagamaan telah ditunaikan. Ibadah dan puasa sudah dijalani dengan sukses. Derma dan atau sakat dilakukan dengan ikhlas. Tetapi, ternyata bahwa kepatuhan seseorang dalam melakukan ibadah ritual dan aksi-aksi sosial keagamaan tidak pernah berdampak langsung terhadap peningkatan keimanan seseorang yang disertai pelaksana nilai-nilai moral yang terkandung dalam pesan ibadah itu sendiri.
Agama hanya dijadikan sebagai media ilusif. Ritual-ritual agama pun hanya dijadikan sebagai jalan-jalan solutif untuk bisa keluar dari perangkap krisis moral, sosial, politik, dan ekonomi. Agama lalu menjadi sesuatu yang fungsional belaka dan/atau hanya berperan pragmatis. Efeknya, segala kebobrokan moral bangsa dan lahirnya multikrisis dapat dikatakan sebagai tidak berfungsinya nilai-nilai profetik agama.
………………..PERTANYAANNYA Apa yang bisa dilihat dari fenomena paradoks dalam kehidupan keberagamaan di negeri yang kerap disebut sebagai negeri orang-orang yang beragama ini?

Iklan
 

2 Responses to “Kepalsuan Beragama”

  1. orng2 yg b’agama skrg d’brikan ujian duniawi yg sulit.
    Wallahualam, semoga orang2 b’agama d’negri in terhindah dr khilav duniawi . . .


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s