gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Kampanye IMAN Serang Calon Lain Juli 7, 2010

Filed under: Loker Keliping Koran — gogo @ 11:33 am

Ketika itu, Cagub Imron Rosyadi berpidato di hadapan ribuan pendukungnya menyindir calon yang memilih pendamping yang berlatarbelakang ustad. Menurutnya mencari “tukang doa” itu lebih mudah. Namun yang lebih baik adalah memilih cawagub yang memiliki keahlian dalam memajukan Bengkulu.

“Kalau mencari tukang doa banyak, namun kenapa saya lebih memilih pendamping yang ahli. Oleh sebab itu saya memilih pak Rosian. Pak Rosian ahli di bidang pertanian yang tentu mampu membangun Bengkulu,” ucap Imron.

Selain terindikasi menyerang lawan politik, kampanye yang dihadiri oleh Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakrie, Ketua DPD Golkar Provinsi Bengkulu Kurnia Utama ini juga diikuti oleh anak-anak di bawah umur. Umumnya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Seperti yang temui RB kemarin, Zamzami (13) siswa yang baru lulus dari SD N 4 Pagar Jati Bengkulu Tengah (Benteng) mengaku mengikuti kampanye Pemilukada ini atas ajakan pamannya. Dirinya sendiri tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan kampanye. “Idak tahu, cuma ikut paman saja. Kalau uang tidak tahu tapi yang pasti dapat baju kaos,” ucap Zamzami.

Sementara itu Diki (12), Erik (11) dan Eko (13) yang saat itu juga berada di lokasi kampanye mengaku keikutsertaanya dalam kampanye itu tidak lain untuk mengisi kekosongan di waktu libur sekolah.

Sementara itu, Ketua Umum Aburizal Bakrie dalam pidatonya menginstruksikan kapada semua kader Golkar untuk mendukung dan mencoblos pasangan calon nomor 2 (IMAN, red). “Sebagai Ketua Umum Partai Golkar saya menginstruksikan semua kader Golkar mendukung Iman dan mecoblos nomor 2. Selain itu mendukung semua bupati dan wakil bupati dari Golkar pada 3 Juli mendatang,” pungkas Bakrie.

Sementara itu Ketua Panwaslu Provinsi, Drs Sakroni M.Pd mengatakan pidato yang disampaikan oleh Imron bukanlah suatu bentuk pelanggaran kampanye. Karena pidato itu bukan menyerang salah satu pasangan lain dengan fitnah. “Apa yang disampaikan Imron adalah fakta. Sedangkan mengenai telunjuk 1 suka memerintah itu hanya pemaknaan saja. Kalau di negara liberal malah lebih parah lagi,” ucap Sakroni.

Sedangkan terkait keikutsertaan anak-anak di bawah umur dalam kampanye, menurut Sakroni apabila itu benar maka sesungguhnya telah melanggar peraturan kampanye. “Sudah jalas diatur dalam peraturan yang mengikuti kampanye adalah pemilih atau sudah cukup umur. Untuk itu kami akan mengumpulkan bukti, dan segera mengirimkan laporan ke KPU Provinsi. Kalau benar maka akan diberikan sanksi administratif. Dan perlu diketahui sanksi administratif terberat yakni penghentian kampanye sebelum habis masa kampanye,” jelas Sakroni.

Ditambahkan Ketua Panwaslu Kota Bengkulu, Siti Baroro apabila benar kampanye IMAN diikuti oleh anak-anak bawah umur, maka sesungguhya telah terindikasi melanggar UU Perlindungan Anak dan diancam hukuman pidana. “Tentu akan kami kaji terlebih dahulu apakah masuk dalam palanggaran pidana ataukah administratif,” pungkas Siti.

Sementara itu ketika dikonfirmasi Katua Koalisi Partai Bengkulu Bersatu (KPBB) Imron-Rosian, Irwan Eriadi, SE mengatakan pidato yang disampaikan oleh Imron bukanlah termasuk dalam konteks menyerang ataupun menyudutkan salah satu pasangan lain. Selain itu berdasarkan kajian peraturan, pidato itu tidak melanggar peraturan kampanye.

“Tidak ada unsur fitnah disana. Sedangkan terkait dengan dugaan pelanggaran melibatkan anak-anak itu tidak perlu dipermasalahkan karena tidak mungkin ibunya meninggalkan anak-anaknya. Itu juga merupakan spotanitas karena keinginan yang tinggi untuk mendukung Iman,” ucap Irwan.

Sudoto Temu Pendukung di Manjuto

Sementara itu pasangan Sudoto – Ibrahim Saragih memanfaatkan jadwal kampanye di Kabupaten Mukomuko menemui pendukungnya di Desa Pondok Makmur SP 2, Kecamatan Air Manjuto. Sejak pukul 19.30 WIB ratusan pendukung Sudoto sudah memadati lokasi pertemuan.

Kendati Sudoto tak membawa artis untuk menghibur warga, namun para pendukungnya tetap antusias bertemu dengan calon gebernur dari jalur Independen ini. Dalam pertemuannya dengan masyarakat Sudoto menyampaikan beberapa visi dan misinya dalam memimpin Bengkulu Jika terpilih nantinya.

Intinya, mensejahterakan masyarakat kecil. Dengan niat membangun dan didukung pengalamannya di bidang sosial. Sudoto mengatahui dengan benar apa yang menjadi keluhan masyarakat di Provinsi Bengkulu.

Jika terpilih nantinya, berbagai keluhan masyarakat akan dikemas dalam bentuk program pemerintahan.

Rosihan-Rudi Temui Warga di Benteng

Lain lagi, dengan pola kampanye yang dilakukan pasangan H.Rosihan Arsyad -Ir.H.R Rudy Irawan di Bengkulu Tengah (Benteng). Tanpa melakukan rapat terbuka. Melainkan kunjungan simpatik, bertatap muka langsung dengan warga Benteng, kemarin (26/6).

Pantauan RB, kegiatan dimulai dari Karang Tinggi yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB. Pasangan ini bergantian menyampaikan dasar visi dan misinya. Penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi menjadi salah satu program prioritas pasangan ini jika dipercaya masyarakat memimpin Bengkulu. Pelaksanaan CPNS bersih, dan penempatan jabatan dalam struktur pemerintahan ikut dibahas. Rosihan memastikan CPNS akan bersih tak ada penempatan pejabat yang tak sesuai bidangnya, jauh dari nepotisme, bila dirinya terpilih. ‘’Kalau tidak mau kecewa, pilih cagub-cawagub yang potensial tanpa melakukan KKN. Karena itu pilih nomor lima,’’ tegas Rosihan Arsyad.

Koordinator Kabupaten Tim Pemenangan Rosihan – Rudy wilayah Benteng, Arsyad Hamzah, menyebutkan dengan metode kampanye tatap muka langsung akan lebih efektif dan efisien. ‘’Kampanye di Benteng, kami hanya melakukan dialog terbatas, bertemu muka dengan simpatisan,’’ ujar Arsyad.

Beberapa titik yang jadi target Rosihan dalam menggalang massa adalah Kecamatan Karang Tinggi tepatnya di Desa Karang Tinggi, selanjutnya Talang Empat dengan melakukan orasi di Desa Tabalagan. Saat melakukan pertemuan dengan tim pemenangannya, Rosihan meminta tim pemenangan untuk berjuang keras, demi kemenangan bersama rakyat Bengkulu dalam Pilkada 3 Juli mendatang.

Mandan Kampanye Keliling Lebong

Pasangan Sudirman Ail – Dani Hamdani (MANDAN) kampanye di Lebong tanpa rapat terbuka, tanpa membawa sejumlah artis ibukota maupun lokal sebagaimana pasangan calon lainnya. Mandan melakukan road show keliling Kabupaten Lebong menemui masyarakat Lebong secara langsung di beberapa titik yang sudah ditentukan.

Ketua Tim Kampanye MANDAN Kabupaten Lebong, Rahmad Effendi, SE mengungkapkan, kampanye yang mereka lakukan tersebut dalam rangka mencari tahu secara pasti apa yang dibutuhkan masyarakat Lebong selama ini. Serta memberikan kesempatan masyarakat berkomunikasi secara langsung dengan pasangan calon.

“Memang kampanye kita tanpa melakukan rapat terbuka dengan menggunakan panggung dan mengumpulkan massa sebanyak-banyak serta membawa artis untuk menyemarakan kegiatan kampanye/rapat terbuka. Tetapi lebih ke arah menyentuh masyarakat dengan kegiatan bersosialisasi dan berbicara langsung dengan masyarakat di titik yang disudah ditentukan sebelumnya,” terang Andi sapaan akrabnya.

Dijelaskan Andi, agenda pasangan MANDAN ini dilakukan secara terpisah di beberapa lokasi. Masing-masing pukul 06.00 WIB Calon Gubernur Sudirman Ail ke Pasar Desa Ketenong Kecamatan Pinang Belapis. Dilanjutkan dengan silaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Lebong Sakti di Desa Ujung Tanjung. Pukul jam 13.00 WIB dan pukul 16.00 WIB silaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Pelabai di Desa Trans Pelabai. Serta pukul 20.00 WIB silaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Lebong Atas di Desa Tabeak Blau I.

“Sedangkan calon Wakil Gubernur Dani Hamdani pukul 06.00 WIB ke Pasar Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah. Pukul 13.00 WIB silaturahmi ke Paguyuban Sunda-Lebong Desa Lokasari Kecamatan Lebong Utara dan pukul 16.00 WIB di Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan. Dan terakhir silaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Amen di Desa Garut pukul 20.00 WIB,” demikian Andi.

Agusrin Road Show ke Kecamatan

Sementara, masa kampanye di Bengkulu Selatan tinggal menyisakan ruang bagi pasangan Sudoto – Ibrahim Saragih yang dijadwalkan Senin (28/6) besok. Sebelumnya beberapa kandidat seperti Rosihan-Rudy tidak melakukan kampanye , begitu juga dengan pasangan MANDAN yang menggelar kunjungan door to door. Kampanye terbuka baru digelar oleh pasangan IMAN.

Kemarin (26/6), giliran pasangan Agusrin-Junaidi memperoleh kesempatan menyampaikan visi dan misinya di hadapan masyarakat BS. Bagi Agusrin, kampanye ini kesempatan baginya untuk meyakinkan masyarakat BS dengan program-program yang akan diluncurkan. Namun berbeda saat menggelar deklarasi pencalonannya di Desa Anggut Kecamatan Pino, Cagub Agusrin M. Najamudin kali ini memilih melakukan road show ke beberapa kecamatan. Pertama, Agusrin ke Desa Klutum Kecamatan Pino Raya dilanjutkan ke Desa Pagar Gading.

Setelah bertatap muka dengan warga setempat perjalan dilanjutkan ke Kecamatan Air Nipis, Seginim dan terakhir di Kedurang Ulu dan Ilir yang dipusatkan di Desa Nanjungan Kecamatan Kedurang Ilir (KDI). Usai menggelar road show ke kecamatan-kecamatan, direncanakan Agusrin akan kembali ke kampung halamannya di Desa Anggut Kecamatan Pino. (Rakyat Bengkulu…Selasa, 29 Juni 2010 00:16:53)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s