gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

DPRD Khawatir Pilgub Diulang Juli 7, 2010

Filed under: Loker Keliping Koran — gogo @ 11:41 am

Mungkin bisa saja MK menolak menjawab pertanyaan atau tidak merespon kita terkait jadwal Pemilukada, karena kita tidak punya hak untuk memaksa. Namun demikian jika berdasarkan hasil konsultasi secara lisan bersama Sekjend MK, jadwal Pemilukada di Provinsi Bengkulu diminta untuk tetap mengikuti aturan yang berlaku. Kesimpulan yang bisa diambil sementara, artinya KPUD diminta berpegang pada PP dan undang-undang,” jelas politisi PAN ini.

Jika MK tidak bersedia memberikan surat tanggapan atas jadwal Pemilukada, menurut Helmi DPRD akan tetap berpegang pada keputusan awal yakni tidak akan mengikuti jadwal Pemilukada yang ditetapkan KPUD saat ini. Karena dewan masih berpegang pada PP No 6 tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Serta UU No 12 tahun 2008 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No 32 tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah.

Kenapa DPRD ngotot tak mengakui tahapan Pemilukada? “Kami tidak ingin kejadian Pilkada BS yang diperintahkan diulang oleh MK, terulang lagi pada Pilgub nanti. Kasihan, anggaran yang sudah dihabiskan mencapai Rp 60 miliar. Makanya dewan ingin Pemilukada Gubernur ini tetap berjalan pada rambu-rambu hukum,” begitu argument Helmi.

Menurut Helmi, DPRD menemui MK adalah upaya untuk mendapatkan kepastian hukum jadwal Pemilukada. “Jika MK tidak berkenan memberikan surat ke DPRD, maka kami tetap akan berpegang dengan aturan awal yakni PP No 6 tahun 2005 dan UU No 12 tahun 2008. Karena DPRD tidak mau terlibat dalam pelanggaran hukum jadwal Pemilukada,” imbuh Helmi.

Sementara itu Staf ahli hukum DPRD Provinsi, Prof. Dr. Juanda, SH, MH menjelaskan surat MK akan tetap ditunggu. Karena surat MK memang merupakan upaya DPRD untuk mencari kejelasan jadwal Pemilukada Bengkulu. Hanya saja DPRD tidak memiliki hak untuk memberikan deadline untuk MK, maka sampai kapanpun surat MK akan ditunggu.

“Surat MK inikan merupakan kesepakatan bersama saat memutuskan paripurna jadwal Pemilukada 15 Juni lalu. Sekarang kesepakatan itu sudah dijalankan, tinggal menunggu hasilnya. Kalapun MK menolak memberikan surat tanggapan artinya DPRD berpegang saja pada perundang-undangan yang berlaku. Memang lebih baiknya surat MK itu ada, inikan untuk menghindari polemik Pemilukada dikemudian hari nanti. Lebih baik mencegahnya dari sekarang,” kata Juanda.

Di sisi lain, sebagian anggota dewan pesimis, MK benar-benar akan mengirim surat tertulis. Sebab, tradisi di MK, lembaga tersebut baru akan merespon apabila ada laporan atau gugatan. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi, Diana Komena, SH, MH.

“Saat Komisi I ke MK jawaban mereka yakni, MK tidak akan menanggapi apapun di luar sidang. Karena MK bukanlah lembaga pengaduan. Nah, bukan tidak mungkinkan jawaban MK akan tetap sama,” ujar Diana.

KPU Jalan Terus

Sementara itu meskipun disomasi oleh tim Rosihan Arsyad – Rudy Irawan, serta tahapan Pemilukada tidak diakui oleh DPRD Provinsi, tetapi KPUD Provinsi tetap jalan terus.

Dikatakan anggota KPU Provinsi, Okti Fitriani, S.Pd, saat ini pihaknya tetap menjalankan jadwal tahapan Pemilukada. Karena dasar pegangan mereka adalah surat KPU Pusat tanggal 5 Mei 2010 tentang persetujuan atas jadwal Pemilukada Provinsi Bengkulu. “Kalau DPRD dan tim Rosihan-Rudy tidak mau mengikuti jadwal Pemilukada, ya silahkan saja. Kami (KPUD Provinsi-red) akan tetap melaksakan jadwal tersebut. Karena Pemilukada sudah diambang pintu, lagipula KPU memiliki hak atas Pemilukada,” demikian Okti.

Imron – Rosian Gebrak Seluma

Di lokasi terpisah, pasangan cagub-cawagub Imron Rosyadi-Rosian YT kemarin berkampanye di lapangan Masmambang Kecamatan Talo. Dalam kampanye itu, Imron berbicara di atas panggung terbuka paling lama 15 menit. Selebihnya, juru kampanye (jurkam) yang melakukan orasi politik.

Di hadapan ribuan massa Imron memperkenalkan diri dan istrinya Bunda Jenita serta cawagubnya Rosian YT dan istrinya. Imron menyampaikan orasi politiknya berupa program kerjanya untuk membangun Provinsi Bengkulu.

Kampanye Imron – Rosian juga dimeriahkan kehadiran artis KDI dan artis local. Meski Seluma diguyur hujan, tampak tidak mempengaruhi massa pendukung Iman yang datang dari berbagai pelosok desa.

Kampanye sendiri berlangsung hanya sekitar satu jam pukul 14.00-15.00 WIB. Di lokasi kampanye, masih terlihat anak-anak. Sebagian ikut orang tuanya dan sebagian lagi datang sendiri ingin menyaksikan hiburan rakyat yang ditampilkan duet Imron-Rosian.

Anggota Panwaslu Seluma Divisi Penindakan Pelanggaran Rosdi Efendi, SP yang mengaku langsung memantau jalannya kampanye mengakui melihat ada anak-anak yang memakai kaos Iman. Namun, sampai sekarang, belum ada laporan dari Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Talo.

‘’Untuk urusan di lapangan langsung, diserahkan ke Panwascam langsung. Kecuali memang dugaan pelanggaran tersebut sudah kasat mata. Kita akan tagih dengan Panwascam,’’ ujarnya.

Terpisah Ketua Panwascam Talo Murni ZA mengatakan hal serupa. Sejauh ini mereka tidak ada menemukan dugaan pelanggaran saat kampanye Iman di lapangan Masmambang, kemarin. Murni ZA bersama anggotanya mengaku dari awal sampai berakhir, memantau jalannya kampanye.

Mandan Dialog Terbatas di Kepahiang

Sementara itu, jadwal kampanye pasangan Sudirman Ail-Dani Hamdani di Kabupaten Kepahiang, kemarin dimanfaatkan dengan menggelar dialog terbatas. Pasangan dengan jargon politik Mandan itu, sengaja tidak mengambil rapat terbuka untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Kita tidak mengambil opsi rapat terbuka, hal ini dilakukan agar Cagub dan Cawagub kita lebih mengetahui apa yang diinginkan masyarakat khususnya di Kepahiang ini, ujar tim pemenangan Mandan Iip Arifin.

Selama di Kepahiang, duet Mandan membagi kampanye menjadi empat titik. Di pagi hari, Dani Hamdani sendiri memimpin dialog terbatas bersama warga di Desa Sukasari Kecamatan Kabawetan. Sementara Sudirman Ail, melakukan aksi simpatik di Pasar Kepahiang. Baru siang harinya, kedua pasangan bergabung memimpin jalannya dialog terbatas bersama warga di kelurahan Pasar Ujung Kecamatan Kepahiang. Titik terakhir, dilakukan keduanya di Desa Kutorejo Kecamatan Kabawetan.

Dari dialog terbatas yang dilakukan ini, banyak masukan dan keluhan masyarakat khususnya persoalan infrastruktur bagi warga desa yang minim. Termasuk persoalan perekrutan CPNS, yang dari tahun ke tahun selalu bernuansa menggunakan uang mengemuka dalam dialog terbatas Mandan. Kita berusaha untuk memenuhi segala yang menjadi keluhan dari tahun ke tahun, masyarakat Bengkulu khususnya warga Kepahiang. Dengan dukungan semua pihak, mari kita ciptakan Bengkulu untuk menjadi lebih baik bersama Mandan, tambah Dani Hamdani.

Sama seperti aksi Mandan sebelumnya, di setiap kampanye nya selalu menyertakan tokoh kartun Upin dan Ipin yang sedang booming di kalangan anak-anak dan orang dewasa saat ini.

Rosihan – Rudy Masih Silaturahmi

Pasangan Rosihan Arsyad – Rudy Irawan kemarin memanfaatkan jadwal kampanye di Kabupaten Kaur dengan melakukan silaturahmi di tiga titik yakni Kecamatan Luas, Muara Sahung dan Kaur Selatan. Dukungan masyarakat Kaur terhadap pasangan ini cukup kuat.

Ketua Tim Pemenangan Lintas Partai Ersan Mulup menegaskan pasangan Rosihan – Rudy selain melakukan silaturahmi serta meminta dukungan juga pamitan ikut Pemilukada. Dalam kesempatan silaturahmi itu, Rosihan – Rudy dan tim juga menyampaikan visi dan misinya untuk membangun Provinsi Bengkulu lima tahun ke depannya.

Program yang diusung pasangan ini antara lain memberantas korupsi, serta menciptakan lapangan pekerjaan, lalu menarik investor ke Provinsi Bengkulu dalam hal mengelola SDA yang ada. Disisi lain untuk pembangunan infrastruktur, jika dipercaya rakyat pasangan ini berjanji hanya membutuhkan waktu setahun jalan-jalan tidak berlubang alias mulus untuk seluruh jalan Negara di Bengkulu.

Rosihan – Rudy juga akan membangun jalan tembus dari Kabupaten Kaur ke Sumatera Selatan. ‘’Kami selaku tim pemenangan sudah bersyukur ribuan masyarakat Kaur sudah menyatukan tekat dengan hadir dalam sirahturami bertatap muka langsung dengan calon Gubernur/wakil Gubernur yang didukung oleh 10 parpol besar. Sambutan masyarakat juga sangat antusias,’’ ujar Ersan kepada RB kemarin.

Ditambahkan, pasangan Rosihan-Rudy juga memprogramkan anggaran dana desa (ADD) masing-masing desa sebesar Rp 1 M dari dana APBD Provinsi. Dana itu nantinya untuk membangun desa seperti jalan atau kegiatan lainnya.

‘’Jadi massa yang datang dalam silaturahmi di Kecamatan Luas itu mencapai 1500 orang, serta di Kecamatan Muara Sahung itu lebih banyak mencapai 3500 orang. Disisi lain di Kecamatan Kaur Selatan juga mencapai 4000 massa . Itu datang dari kecamatan Nasal dan Maje serta Kecamatan Kaur Tengah,Kinal,’’ pungkas Ersan.

Agusrin Bawa Rhoma ke Lebong

Di sisi lain, pasangan Agusrin – Junaidi akan memanfaatkan masa kampanye di Kabupaten Lebong dengan membawa Rhoma Irama sekitar pukul 13.00 WIB. Kampanye pasangan ini dipusatkan di Lapangan Hatta, Kecamatan Lebong Utara. Sebenarnya, jadwal kampanye Agusrin – Junaidi di Lebong dimulai kemarin, tapi tidak ada aktifitas kampanye. Pasangan ini hanya focus kampanye rapat akbar hari ini.

Pantauan RB kemarin, sejumlah persiapan sudah dilakukan di Lapangan Hatta. Pembangunan  tenda dan panggung juga sudah dipersiapkan oleh pihak panitia. Begitu juga dengan sosialisasi oleh tim kampanye pasangan incumbent ini ke seluruh pelosok Lebong. Begitu juga dengan pihak aparat kepolisian, Polres Lebong.

Kapolres Lebong AKBP. Harries Budiharto, S.Ik, M.Si melalui Kabag OPS. Kompol A. K. Jauhar menyampaikan, sejak pagi pihaknya akan melakukan sterilisasi di Lapangan Hatta dengan menutup 2 akses jalan menuju lapangan Hatta. Sedangkan pukul 10.00 WIB, pihak Polres akan menutup beberapa akses jalan lagi menuju Pasar Muara Aman.

Diantaranya di dekat Terminal Muara Aman 2 titik untuk menutup akses jalan dari arah Tes/Curup dan Lebong Atas/Arga Makmur. Lalu di Pasar Muara Aman ada 2 titik akses jalan dari arah Kampung Jawa dan Desa Lokasari serta Kecamatan Pinang Belapis. Sedangkan 1 lagi yang ditutup adalah akses jalan Dari arah Kecamatan Uram Jaya, yakni di Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen.

Sementara itu, Cawagub Ustad Junaidi tadi malam menyempatkan diri mengisi ceramah di masjid AL-Hijjaz di Desa Talang Kerinci Kecamatan Bingin Kuning. Kedatangan Ustad Junaidi ini cukup menarik perhatian dan antusias warga setempat. Terbukti, ratusan masyarakat dari desa setempat memadati masjid tersebut.

Bahkan, selain majelis taklim desa setempat, juga dihadiri jemaah masjid desa tetangga Desa Talang kerinci. Termasuk ratusan masyarakat dari beberapa desa terdekat lainnya. Diantaranya warga Desa Karang Dapoh, Pungguk Bedaro dan Desa Pelabuhan Talang Leak Kecamatan Bingin Kuning. Semua warga yang datang ingin mendengarkan ceramah dan bertemu langsung dengan sutad Junaidi yang menjadi pasangan calon gubernur Agusrin Najamuddin.

Sudoto-Ibrahim di Benteng

Sedangkan pasangan Sudoto – Ibrahim Saragih kemarin tetap melakukan kampanye dengan pola door to door di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Pasangan ini secara continue menemui ratusan warga yang ada di Benteng guna menarik simpati dan menyampaikan program serta visi dan misi.

Pantauan RB, kampanye yang digelar Sudoto-Ibarahim dimulai pukul 09.00 Wib. Sebanyak sembilan titik utama didatangi kedua kandidat ini yakni kecamatan Pondok Kelapa, Pondok Kubang, Bang Haji, Karang Tinggi, Talang Empat, Pagar Jati, Taba Penanjung, Merigi Kelindang dan Merigi Sakti .

‘’Kita tidak melakukan kampanye terbuka dengan mengumpulkan massa di satu titik. Kampanye yang kita lakukan bersifat menarik simpatik massa secara langsung,’’ terang Sudoto melalui tim kemenangannya Didik Prawoko.

Menurut Didik cara tersebut dipandang paling efektif karena Cagub/Cawagub bisa mengetahui secara langsung apa yang sebenarnya diinginkan masyarakat.

‘’Kita bisa menyampaikan dan meminta aspirasi yang diinginkan masyarakat. Dan masyarakatpun tidak segan berkenalan dengan Cagub/Cawagub,’’ terang Didik Prawoko. (Rakyat Bengkulu…Rabu, 23 Juni 2010 17:14:13)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s