gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

Agusrin Unggul di TPS Walikota, Imron Rosyadi Menang di Lapas Juli 7, 2010

Filed under: Loker Keliping Koran — gogo @ 11:19 am

Masih di Lapas II Malabero, urutan ke-3 suara tertinggi diraih pasangan Sudirman Ail-Dani Hamdani 73 suara, Rosihan Arsyad-Rudi Irawan 26 suara dan Sudoto-Ibrahim Saragih 10 suara. Tercatat jumlah yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) 498 orang. Pemilih ada 391 orang dengan suarat suara tidak sah sebanyak 5, atau ada 386 surat suara sah.

Menariknya 21 mantan anggota dewan Kota yang terjerat kasus korupsi DPRD Gate perode 1999-2004, sebanyak 15 orang memilih di Lapas meski tidak masuk DPT. Mereka menggunakan undangan dari TPS tempat tinggal masing-masing. Kelima belas anggota dewan tersebut yakni Buchari Kasim, Drs. H. Heri Aswandi, R. Biratmo, Ismadanir Ismail, Ferry Asjikin, Saikoen Wirjo Moerdjito, K.A Sanikhan, Rusman Effendi, Sofyan KS, Djali Afandi, Hj. Darmilawati, Zulyan Orbayani, Anna Zurainah, S. Sos, Drs. Anwar Hamid dan Drs. Anwar Ali.

Sedangkan enam mantan dewan lainnya masing-masing Mawardi Hasyim, Nawawi Simil, Edi Agusdin, Dazrul Aini, Syaharul Badri dan Syamsul Hadi, sudah tercatat di DPT.

Sementara itu di TPS Walikota pasangan dengan nomor urut 2 Imron-Rosihan memperoleh 44 suara, yang nyaris dikejar pasangan Sudirman-Dani dengan perolehan suara 35. Sementara, pasangan nomor urut 4, Sudoto-Saragih hanya mengkantongi 4 suara. Dengan total DPT sebanyak 379, namun yang memilih hanya 198 orang dan 6 suara dinyatakan batal.

“Apapun hasilnya, itu kita syukuri. Siapapun yang menang harus kita doakan, sehingga memberikan hasil pembangunan yang semakin baik untuk Provinsi Bengkulu. Kita bersyukur dengan angka partisipasi pemilih yang rata-rata 65 persen aktif memilih,” terang Kanedi.

Sebelum mencoblos, Kanedi sengaja sidak di 8 TPS yang ada di Kota Bengkulu. Yaitu, TPS 6 kelurahan Belakang Pondok, TPS 5 RT 1 Kelurahan Lingkar Barat, TPS 10 kelurahan Sumber Jaya, TPS 4 Jalan Pancur Mas RT 9 Kelurahan Sukarami, TPS 4 RT 7 Kelurahan Lempuing, TPS 1 Kelurahan Pintu Batu, TPS 1 Kelurahan Kandang Limun dan TPS 8 Kelurahan Semarang.

Baru sekitar pukul 12.45 WIB, Kanedi mendatangi TPS nya bersama istrinya, Ny Hj, Armelly Kanedi. Ini lantaran Kanedi ingin mendahulukan masyarakat terlebih dahulu, ketimbang dirinya sebagai walikota. “Biarlah masyarakat duluan yang memilih, baru Walikota. Bang Ken ingin masyarakat lebih berpartisipasi aktif. Ini untuk kepentingan kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu di TPS 7 Kelurahan Padang Harapan yang disambangi Wakil Walikota Bengkulu H. Edison Simbolon, S. Sos, pasangan nomor 5 Rosihan-Rudi memperoleh 96 suara, atau menang telak atas calon incumbent Agusrin-Junaidi dengan perolehan 54 suara. Menyusul Sudirman-Dani dengan perolehan 89 suara dan Sudoto-Saragih dengan 24 suara. Pasangan Imron-Rosihan di daulat sebagai juru kunci dengan perolehan 16 suara.

Hakim Tak Bisa Coblos

Sementara itu, di TPS 6 Padang Jati seorang hakim Pengadilan Negeri Bengkulu, Binsar Gultom, SH mengeluh lantaran dirinya tidak diperbolehkan untuk memilih. Pasalnya ketika mendatangi TPS dirinya dinyatakan tidak masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), sementara beberapa waktu lalu dirinya dan istri di data dalam tahap verifikasi.

“Saya sudah korbankan satu hari, ternyata saya tidak bisa memilih. Padahal saya menghargai Pilkada ini, kok saya tidak dimasukan dalam DPT ya,” keluh Binsar Gultom yang baru tinggal 7 bulan di Kota Bengkulu.

Dikonfirmasi RB, ketua RT 5, Usman sekaligus panitia Pemilu setempat mengatakan dirinya tidak berani memberikan kesempatan mencoblos pada hakim tersebut. Lantaran memang tidak masuk dalam DPT.

“Sudah kita usulkan waktu bapak ini pindah, tapi kami tidak tahu kenapa namanya tidak keluar di DPT. Kalau saya kasih kesempatan coblos nanti saya pula yang disalahkan dan dianggap melanggar aturan yang berlaku,” demikian Usman.(Rakyat Bengkulu..Senin, 05 Juli 2010 00:50:54)

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s