gogoBengkulu

Hancurkan dan Bangun Kembali

5 Calon Incumbent Unggul Juli 7, 2010

Filed under: Loker Keliping Koran — gogo @ 11:26 am

Berdasarkan penghitungan real count yang bersumber dari data TPS-TPS se Provinsi Bengkulu yang diolah Tim Litbang RB hingga dinihari tadi, pasangan Agusrin-Junaidi untuk sementara unggul dengan perolehan 193.722 suara atau 30,34 persen. Peringkat kedua ditempati pasangan Imron-Rosian (Iman) dengan raihan 150.139 suara atau 23,51 persen dan pasangan Sudirman Ail – Dani Hamdani (Mandan) di peringkat ketiga dengan perolehan 139.849 atau 21,90 persen.

Posisi keempat dan kelima ditempati pasangan Rosihan Arsyad – Rudy Irawan dengan raihan 95.257 suara atau 14,92 persen dan Sudoto – Ibrahim Saragih dengan perolehan 59.545 suara atau 9,33 persen. Urutan peringkat lima pasangan calon ini kebetulan sama persis seperti peringkat hasil poling pembaca RB yang pernah dirilis beberapa hari lalu.

Keunggulan Agusrin-Junaidi berkat kemenangan di 5 kabupaten masing-masing Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Mukomuko, Bengkulu Tengah, dan Rejang Lebong. Sedangkan pasangan Iman berhasil menang di 3 kabupaten yakni Kabupaten Lebong, Bengkulu Utara dan Kepahiang. Sedangkan pasangan Mandan menang di 2 kabupaten/kota yakni Kota Bengkulu dan Kabupaten Seluma.

Mandan Kuasai Kota

Pasangan Sudirman Ail/Dani Hamdani (Mandan) berhasil menguasai Kota Bengkulu dengan menang di 7 dari 8 kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. Berdasarkan data yang dihimpun Tim Litbang RB, Mandan memperoleh suara di Kota Bengkulu hingga 38.791 suara atau 31.6 persen, disusul pasangan Rosihan-Rudi dengan raihan 32.2019 suara atau 26,1 persen. Sedangkan kandidat incumbent Agusrin-Junaidi menduduki posisi ketiga dengan 25.235 suara atau 20,56 persen.

Pasangan colon nomor urut 2 Iman hanya memperoleh 17.253 suara atau 14,05 persen. Dan pasangan Sudoto-Ibrahim Saragih di posisi buncit dengan raihan 9.425 suara atau 7,67 persen.

Tujuh kecamatan yang dimenangkan Mandan adalah Kecamatan Gading Cempaka, Selebar, Ratu Agung, Ratu Samban, Sungai Serut, Kampung Melayu, dan Muara Bangkahulu. Sedangkan 1 kecamatan lainnya yakni Teluk Segara dimenangkan oleh pasangan Rosihan Arsyad – Rudy Irawan. (perolehan suara lengkap lihat grafis di halaman lain).

Agusrin Unggul di BS

Di Bengkulu Selatan, pasangan Agusrin/Junaidi berhasil unggul sementara di 6 kecamatan dengan raihan suara total 23.902 suara. Pasangan yang diusung Partai Demokrat ini unggul tipis dari pasangan Mandan yang unggul di 5 kecamatan dan meraup total 23.602 suara. Peringkat ketiga ditempati pasangan Iman dengan perolehan 10.830 suara, Rosihan Arsyad – Rudi Irawan dengan meraup 9.024 suara dan terakhir Sudoto – Ibrahim Saragih dengan raihan 3.432 suara.

Agusrin/Junaidi antara lain unggul di Kecamatan Manna dengan 2.812 suara, Kecamatan Bunga Mas sebanyak 1.094 suara, Kecamatan Seginim dengan 3.258 suara, Kecamatan Air Nipis dengan 1.992 suara, Kecamatan Ulu Manna dengan raihan 1.743 suara dan Kecamatan Pino dengan 3.344 suara.

Sementara pasangan Mandan unggul di 5 kecamatan masing-masing Kecamatan Kota Manna dengan 4.755 suara atau unggul telak hingga 50 persen dari pasangan Agusrin/Junaidi. Mandan juga unggul di Kecamatan Pasar Manna dengan 1.985 suara, Kedurang Ilir 1.306 suara dan Kecamatan Kedurang dengan 1.825 suara.

Selanjutnya Mandan juga unggul di Kecamatan Pino Raya tempat Agusrin sebelumnya membagikan bantuan handtractor dengan perolehan 1.881 suara.

Di Kaur Agusrin Juga Unggul

Pasangan Agusrin/Junaidi untuk sementara juga unggul di Kabupaten Kaur dengan raihan 11.755 suara. Yang mengejutkan, peringkat kedua justru ditempati Rosihan Arsyad – Rudy Irawan dengan raihan 9.760 suara. Di daerah asal Jennita istri Imron Rosyadi ini, pasangan Iman hanya berhasil meraup 8.472 suara. Dilanjutkan pasangan Mandan dengan raihan 7.173 suara dan Sudoto – Ibrahim Saragih dengan 1.072 suara.

Agusrin berhasil menang di lima kecamatan yakni Kecamatan Semidang Gumay, Kinal, serta Padang Guci Hilir, Tanjung Kemuning serta Lungkang Kule.

Sedangkan pasangan Rosihan-Rudi unggul di Kecamatan Tetap, Kaur Tengah, Muara Sahung serta Kaur Selatan. Sedangkan pasangan Imron Rosyadi-Rosian YT hanya unggul di satu kecamatan yakni Kecamatan Kelam Tengah.

Total suara sah sebanyak 38.225 lembar. Surat suara tidak sah sebanyak 405 lembar. Dan Golput mencapai 1.192 orang.

‘’Sementara ini masih diunggul pasangan Agusrin-Junaidi dan disusul pasangan Rosihan-Rudi,’’ ujar Bupati Kaur Drs H Warman Suwardi, MM didampingi Sekda Drs Arben B, SE serta Kabag Pemerintahan Drs Rusman kepada RB tadi malam usai memantau proses perekapan di posko Pemda.

Agusrin Unggul di Mukomuko

Dari Mukumuko dilaporkan, untuk sementara pasangan Agusrin/Junaidi juga berhasil unggul jauh dengan raihan 31.464 suara. Rival terberatnya pasangan Imron-Rosian menempati peringkat kedua dengan raihan 19.662 suara. Setelah itu menyusul pasangan No 5, Rosihan-Rudy sebanyak 12.675 suara. Dan pasangan Mandan di peringkat keempat dengan 9.190 suara dan terakhir pasangan No 4 Sudoto-Ibrahim sebanyak 7.320 suara.

Di kabupaten paling utara berbatasan dengan Sumbar ini, Agusrin/Junaidi berhasil menang di 13 kecamatan masing-maing Kecamatan Lubuk Pinang, XIV Koto, Kota Mukomuko, Air Dikit, Penarik Raya, Teras Terunjam, Selagan Raya, Teramangn Jaya, Pondok Suguh, Sungai Rumbai, Ipuh, Air Rami dan Malin Deman.

Sedangkan dua kecamatan lainnya dimenangkan Iman dan Sudoto-Ibrahim Saragih. Iman unggul di Kecamatan V Kota. Dan Sodoto-Ibrahim Saragih menang di Kecamatan Air Manjuto.

Agusrin Curi Kemenangan di RL

Pasangan Agusrin/Junaidi juga menang di Rejang Lebong yang sebelumnya diprediksi menjadi lumbung suara pasangan Iman. Di basis masyarakat Rejang ini, Agusrin-Junaidi mampu mencuri kemenangan dengan total perolehan suara sementara 13.544 suara, disusul pasangan Iman dengan 12.699 suara, dan pasangan Rosihan Arsyad – Rudi Irawan dengan perolehan 5.994 suara. Peringkat empat dan lima ditempati Mandan dengan 5.443 suara dan Sudoto – Ibrahim Saragih dengan raihan 2.978 suara.

Dari 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong, Agusrin – Junaidi menang di 9 kecamatan masing-masing Kecamatan Curup Tengah, Curup Utara, Selupu Rejang, Sindang Kelingi, Sindang Dataran, Binduriang, Padang Ulak Tanding, Sindang Beliti Ilir, dan Bermani Ulur Raya.

Di sisi lain, pasangan Iman hanya sanggup menang di 5 kecamatan masing-masing Kecamatan Curup, Curup Selatan, Curup Timur, Kota Padang dan Bermani Ulu.

Benteng Direbut Agusrin

Pasangan Agusrin-Junaidi juga mampu unggul sementara di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dengan raihan 15.652 suara. Peringkat kedua ditempati pasangan Iman dengan 14.092, kemudian Mandan di posisi ketiga dengan 8.011, disusul Rosihan Arsyad – Rudi Irawan dengan perolehan 5.756 suara dan Sudoto – Ibrahim Saragih dengan 4.195.

Agusrin menang di 5 kecamatan dari 10 kecamatan yang ada di Benteng masing-masing Kecamatan Karang Tinggi, Taba Penanjung, Pondok Kubang, Pondok Kelapa dan Pematang Tiga. Sementara pasangan Iman menang di 4 kecamatan yakni Kecamatan Merigi Sakti, Merigi Kelindang, Pagar Jati dan Kecamatan Bang Haji. Satu kecamatan lagi yakni Talang Empat dimenangi oleh pasangan Mandan.

Mandan Menang di Seluma

Seperti sudah diperkirakan banyak pihak sebelumnya, pasangan Mandan terbukti masih menarik simpati di kampung halaman sendiri. Berdasarkan data yang dihimpun RB hingga dinihari tadi, Mandan berhasil unggul di Kabupaten Seluma dengan perolehan 28.152 suara, disusul pasangan Agusrin – Junaidi dengan 25.338 suara. Peringkat 3-5 ditempati Iman dengan 10.397 suara, Sudoto – Ibrahim Saragih dengan 6.969 dan terakhir Rosihan Arsyad – Rudy Irawan dengan 4.269 suara.

Mandan berhasil menguasai 5 kecamatan yang ada di Seluma yaitu Kecamatan Lubuk Sandi, Seluma Barat, Seluma Timur, Talo dan Kecamatan Ulu Talo. Sedangkan Agusrin menguasai 5 kecamatan lainnya yakni Kecamatan Sukaraja, Air Periukan, Seluma Barat, Seluma Selatan dan Seluma Kota. Sedangkan pasangan Iman mampu mencuri kemenangan di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM).

Lebong Dikuasai Iman

Pasangan Iman berhasil unggul sementara di Kabupaten Lebong dengan meraup 18.905 suara, disusul pasangan Agusrin – Junaidi dengan 17.547 suara, dan pasangan Rosihan Arsyad – Rudy Irawan dengan raihan 7.604 suara, pasangan Mandan di tempat keempat dengan 5.351 suara disusul Sudoto – Ibrahim Saragih dengan perolehan 2.268 suara.

Iman berhasil menang di 7 kecamatan masing-masing Kecamatan Rimbo Pengadang, Lebong Sakti, Lebong Tengah, Padang Bano, Uram Jaya, Amen, dan Kecamatan Bingin Kuning. Sedangkan pasangan Agusrin-Junaidi mampu menyalip kemenangan di 6 kecamatan yang lain yaitu Kecamatan Topos, Lebong Selatan, Lebong Utara, Lebong Atas, Pelabai dan Pinang Belapis.

Di BU Iman Unggul

Sementara itu, pasangan Iman seperti sudah diprediksi meraup suara terbanyak di Kabupaten Bengkulu Utara dengan perolehan 32.303 suara, disusul pasangan Agusrin – Junaidi dengan 24.873 suara. Menariknya, peringkat ketiga bukan ditempati Mandan atau Rosihan, melainkan direbut pasangan Sudoto – Ibrahim Saragih dengan perolehan 20.543 suara. Selanjutnya, pasangan Mandan berada di peringkat keempat dengan raihan 10.134 suara dan Rosihan – Rudy dengan 5.553 suara.

Iman merebut kemenangan di 7 kecamatan masing-masing Kecamatan Kerkap, Air Besi, Air Napal, Arga Makmur, Lais, Batik Nau dan Kecamatan Enggano. Sedangkan Agusrin – Junaidi menang di 2 kecamatan yaitu Padang Jaya dan Napal Putih. Pasangan Sudoto – Ibrahim Saragih berjaya di basis massa Jawa yaitu Giri Mulya, Ketahun dan Putri Hijau.

Iman Juga Menang di Kepahiang

Pasangan Iman hingga dinihari tadi juga menang di Kabupaten Kepahiang dengan perolehan 5.526 suara, disusul pasangan Agusrin – Junaidi dengan 4.412 suara, kemudian Mandan dengan raihan 4.002 suara, Rosihan – Rudy memperoleh 2.603 suara dan Sudoto – Ibrahim Saragih meraih 1.343 suara.

Sebaran wilayah kemenangan Iman antara lain di 4 Kecamatan masing-masing Kecamatan Kepahiang, Merigi, Muara Kemumu, dan Bermani Ilir. Sedangkan Agusrin – Junaidi menang di 1 kecamatan yaitu Seberang Musi. Pasangan Mandan bikin kejutan di Kecamatan Tebat Karai yang memperoleh 1.256 suara. (Rakyat Bengkulu..Senin, 05 Juli 2010 00:51:59)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s